Kamis, 30 Oktober 2008

FOTO-FOTO

Gambar Satu


Salah satu jenis meander Sungai Citarum, Kecamatan Cililin, Kbupaten Bandung Barat.
Terlihat pada gambar diatas suatu meander atau yang dikenal dengan sebutan kelokan sungai sebagai implikasi dari prngikisan (erosi lateral). Erosi lateral merupakan suatu proses pengikisan batuan dengan arah menyamping. Disinipun terjadi proses sedimentasi yang cukup intensif sehingga oleh masyarakat setempat, area yang mengalami proses sedimentasi tersebut dijadikan sebagai lahan bercocok tanam(bertani dan berkebun). Arus air sungai ini nampak lambat dan tingkat kejernihan air yang relatif mulai mengaruh akibat membawa muatan-muatan endapan dari hulu sungai. Tidak terjadi erosi vertikal melihat bentuk sungai ini termasuk kedalam jenis sungai bagian tengah.

Mendukung pokok bahasan : Hidrosfer (perairan darat)

Kelas : X IPS Semester Dua



Gambar Dua

Proses sedimentasi diiringi pencemaran sampah Sungai Citarum
Pada potret diatas telihat dasar sungai yang mengalami proses sedimentasi diiringi pencemaran sampah yang sangat intensif. Bila dikaitkan dengan gambar pertama. Maka akan sangat terlihat sekali perbedaan yang sangat signifikan mengenai kondisi sungai yang berada di sekitar Kecamatan Cililin dan Kecamatan Batujajar. Sampah yang terakumulasi dari sekitar hulu terbawa hingga kehilir dan menimbulkan suatu kerusakan system tatanan sungai. Hal ini disebabkan akan rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan. Dengan semena-mena membuang sampah anorganik dan organik ke sungai, serta tidak memikirkan dampak yang akan terjadi. Padahal kita semua tahu akan pentingnya manfaat sungai diantaranya adalah sebagai irigasi pertanian , PLTA, serta memberi sumber kehidudan bagi vegetasi yang berada di sekitarnya .
Bilamana terjadi hujan yang berkala dan relatif tinggi maka tak urung gejala alam yang dinamakan banjir tidak dapat dihindari Sungguh ironis jika kejadian ini sampai terjadi.Tentu saja akan akan membawa dampak buruk bagi masyrakat setempat. Untuk itu sangat dibutuhkan partisipasi daripada masyarakat dan pemerintah dalam hal meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari proses sedimentasi yang diringi pencemaran sampah seperti ini. Diantaranya dengan hal yang kecil dahulu yaitu segera menghentikan kegiatan membuang sampah ke sungai, membersihkan kawasan sungai yang mengalani proses sedimentasi dengan melibatkan berbagai macam pihak.

Mendukung pokok bahasan : Pencemaran Lingkungan

Kelas : XI IPS Semester 2


Gambar tiga

Aktivitas penambangan pasir Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat

Foto ini diambil di daerah Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat beberapa hari yang lalu. Terlihat ada semacam kegiatan penambangan pasir yang dilakukan oleh perusahaan swasta dengan menggunakan alat berat sepereti Buldoser, penggilingan batu, serta beberapa karyawan lapangan yang lalu lalang lewat disekitar lokasi tersebut. Saya tidak tahu apakan kegiatan penambangan ini mendapat izin dari pemerintah ataupun tidak, namun masih teringat ketika beberapa tahun kebelakang, area penambangan ini tadinya merupakan sebuah kawasan gunung batu yang indah dengan sedikit vegetasi tumbuhan disekitarnya. Tetapi dari tahun ke tahun, tindakan eksploitasi dilakukan guna meraup kepentingan komersil semata. Yang dikhawatirkan adalah jika bukit-bukit ini habis, maka kawasan Bandung Barat akan semakin gundul, gersang, dan hilangnya daya serapan air sebagai implikasi daripada bukit yang hilang karena dieksploitasi.

Penambangan hendaknya diiringi dengan wawasan lingkungan yang mantap, misalkan seiring tindakan penambangan dilakukan, maka reboisasi atau penghijauan pun tak urung dilaksanakan. Maka dengan itu, keselarasan penambangan dengan lingkungan bisa terjalin dan akan membawa dampak positif untuk Masyarakat Batujajar Kabupaten Bandung Barat khususnya serta untuk kita semua pada umumnya.

Mendukung pokok bahasan : Eksploitasi Sumber Daya Alam

Kelas : XI IPS Semester Dua

Gambar Empat

Perkebunan teh Pasir Meong Kecamatan GunungHalu Kabupaten Bandung barat

Gambar diatas merupakan sedikit bagian daripada perkebunan teh yang berlokasi di dusun pasir meong kecamatan gunung halu kabupaten Bandung barat ada cerita menarik dibalik nama pasir meong konon katanya menurut cerita masyarakat setempat beberapa dekade sebelum zaman ini di ini terdapat sebuah goa diantara dua bukit yang dijadikan habitat sarang meong (harimau kecil)red.

Namun akibat perburuan liar yang membabi buta, satu persatu meong tersebut berkurang dan akhirnya habis. Mengingat kondisi dan iklim daerah yang mendukung serta ditinjau dari segi lokasi, sangat strategis maka kawasan ini (dusun liang meong) dijadikan area perkebunan teh dibawah kepemilikan dan pengawasan PT.Nusantara VIII

Mendukung pokok bahasan : Biosfera

Kelas : XI IPS Semester Satu

Gambar Lima

Aktivitas pemetik teh Pasir Meong Kecamatan GunungHalu Kabupaten Bandung Barat
Empat orang pemetik teh terlihat sedang melakukan panen berkala. Kegiatan semacam ini menjadi rutinitas biasa masyarakat liang meong dan sekitarnya. Selain bertumpu pada pekerjaan ini masyarakat juga memiliki aktivitas lain guna menyambung kebutuhan hidupnya antara lain berkebun, bertani, menjadi tukang ojek, dan berdagang. Seprti yang terlijhat pada gambar, pengankutan teh secara tradisional masih dilakukan tidak seperti pengangkutan yang dilakukan oleh para pemetik teh di daerah Sukawana,Ciwidey, dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan minimnya biaya akomodasi untuk transportasi dari masyarakat setempat Lalu, berdasarkan argumen dari masyarakat astempat , hasil teh didaerah Liang meong ini memiliki keunggulan dibanding dengan hasil teh di daerah lain, diantaranya aroma teh yang lebih wangi dan lebih sedap. Ini tentu saja menjadi daya tarik wisatawan domestic maupun dari luar untuk mencoba rasa teh di daerah ini.

Mendukung pokok bahasan : Biosfera

Kelas : XI IPS Semester Satu


Gambar Enam

Perkebunan Hortikultur di sekitar hulu sungai Ciwidey
Gambar diatas menunjukkan persebaran tanaman hortikultura di Daerah sekitar hulu sungai ciwidey. Dimana tanaman yang terlihat (jenis strawberry) tumbuh sangat baik dikembangkan didaerah ini melihat faktor edafik, klimatik, dan fisiografi yang mendukung bagi pertumbuhan tanaman ini. Oleh karena itu masyarakat setempat yang tinggal disekitar perkebunan, memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman agrobisnis karena sebagai daya tarik bagi wisatawan domestik maupun yang berasal dari luar daerah yang sengaja mengunjungi kawasan sejuk Ciwidey.

Mendukung pokok bahasan : Biosfera

Kelas : XI IPS Semester Satu





Tidak ada komentar: